FREQUENTLY ASKED QUESTION
Superball Run The 6th Edition
A. PERLOMBAAN

1. Kapan Superball Run The 6th Edition akan diselenggarakan?

Superball Run The 6th Edition akan diselenggarakan pada hari Minggu 12 Januari 2020

2. Dimana lokasi Superball Run The 6th Edition diselenggarakan?

Superball Run The 6th Edition diselenggarakan di Kantor Walikota Jakarta Selatan dengan rute melewati kawasan Pangeran Antasari, CFD Sudirman hingga Kasablanka. Start/finish Superball Run The 6th Edition berada di Kantor Walikota Jakarta Selatan.

3. Apa saja kategori yang diperlombakan?

Terdapat empat (4) kategori jarak yang akan dilombakan: yaitu 5K, 10K, 21K, dan 60K Team Duo.

4. Apa yang membedakan lomba ini dengan lomba lainnya?

Superball Run The 6th Editionmerupakan perlombaan dengan konsep lari yang memberikan pengalaman berlari dengan melewati dua (2) flyover Jalan Layang Non Tol. Dan pada Superball Run series ke 6 ini, Superball Run menambah 1 kategori lomba yakni 60K Team Duo.

5. Apakah hanya WNI yang dapat mengikuti lomba?

Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. Akan tetapi, hanya peserta Warga Negara Indonesia yang berhak menjadi pemenang lomba.

6. Apakah kriteria untuk menjadi pemenang dalam lomba ini?

Pemenang ditentukan berdasarkan waktu tercepat dan terkualifikasikan dengan benar. Kategori pemenang untuk putra dan putri pada kategori jarak 5K, 10K, dan 21 K, terdiri dari pemenang 1, pemenang 2, dan pemenang 3. Sedangkan pada kategori jarak 60K Team Duo terdiri dari pemenang untuk duo putra, duo putri, dan mix putra-putri. Pemenang pada kategori jarak 60K Team Duo diharuskan melewati garis finish bersama dengan team pasangan. Yang dapat menjadi pemenang hanyalah Warga Negara Indonesia. Only Indonesian Nitizen is eligible for prize. (harus finish bersama)

7. Apakah faktor yang akan mendiskualifikasi pemenang?

Pemenang akan didiskualifikasi apabila:

  1. Pemenang adalah Warga Negara Asing
  2. Ternyata tidak terdapat kesesuaian data dengan BIB yang dikenakan;
  3. Memanipulasi data kepesertaan;
  4. Menggunakan BIB orang lain;
  5. Mengambil jalan pintas;
  6. Tidak melengkapi diri dengan penanda check point yang disediakan panitia dan diberikan kepada setiap peserta pada titik tertentu di jalur lomba;
  7. Menggunakan alat bantu misalnya sepatu roda atau roda built in atau alat bantu beroda lainnya.
  8. Tidak finish bersamaan dengan team pasangan.

8. Berapa batas usia peserta lomba?

Superball Run The 6th Edition terbuka bagi semua peserta dewasa dan anak-anak yang meyakini diri memiliki kondisi fisik prima dan mampu berlari menyelesaikan kategori rute yang dipilihnya dengan baik. Batas maksimal umur peserta dewasa adalah 70 tahun dan atau diperkenankan di atas usia tersebut apabila disertakan dengan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit dan atau dokter secara Resmi. Peserta 60K Team Duo dan 21 K, wajib berusia 17 tahun atau lebih. Peserta 10 K dan 5 K wajib berusia 12 tahun atau lebih. Peserta usia 17 tahun ke bawah (12 tahun-16 tahun) wajib melengkapi diri dengan Surat Izin Orang Tua atau Parental Consent Form serta orang tua yang terdaftar sebagai peserta.

9. Apakah diperbolehkan membawa hewan peliharaan?

Demi kenyamanan seluruh peserta Superball Run The 6th Edition, maka peserta tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan.

10. Pada pukul berapakah kegiatan Superball Run The 6th Edition dimulai?

Kegiatan Superball Run The 6th Edition akan dimulai pagi hari pukul 05.00 WIB sampai dengan selesai. Waktu flag off terbagi atas:

  1. 60K Team Duo : pukul 05.00 WIB
  2. Half Marathon : pukul 05.15 WIB
  3. 10K : pukul 05.30 WIB
  4. 5K : pukul 05.45 WIB

Peserta wajib mengatur waktu ketibaan di lokasi Lomba dengan bijak dengan memperhitungkan jarak ke lokasi Lomba, waktu antri parkir, penitipan tas dan keperluan lain agar dapat melakukan start tepat waktu.
Pelari yang terlambat hanya diizinkan lepas start sampai dengan 20 menit sesudah flag off. Apabila lewat dari 20 menit sejak gun-time maka Peserta tidak diizinkan start karena area sudah dipersiapkan untuk menunggu finisher masuk.

11. Apakah akan ada start pergelombang per kategori jarak?

Pelepasan peserta berdasarkan kategori jarak lomba. Dimulai dengan jarak 60K Team Duo, dilanjutkan dengan jarak 21 K, kemudian jarak 10K dan terakhir jarak 5K.

12. Apakah akan ada pengelompokan peserta start?

Tidak ada pengelompokkan peserta berdasarkan zonasi

13. Berapa <em>Cut Off Time (COT)</em> untuk masing-masing kategori?

Cut of time masing masing kategori, sebagai berikut:

  1. 60K Team Duo : 5 jam
  2. Half Marathon : 3,5 jam
  3. 10K : 2 jam
  4. 5K : 1 jam

14. Apakah lomba ini tergolong <em>trail run, road race</em>, atau gabungan keduanya?

Lomba ini sepenuhnya road race. Lomba dilakukan di jalan beraspal permanen.

15. Bagaimana jika saya tidak dapat menyelesaikan lomba lari hingga akhir?

Untuk peserta yang cedera atau sakit, panitia menyediakan fasilitas mobil ambulans dan medik lapangan. Sedangkan bagi peserta yang melewati batas COT, panitia akan menyiapkan kendaraan untuk membawa peserta menuju lokasi finish.

B. FASILITAS PELARI

1. Apakah pada nomor dada (bib) Peserta dilekatkan chip untuk mengukur waktu tempuh setiap peserta?

Pada setiap bib Peserta akan dilekatkan chip yang akan mengukur waktu bersih (net time) masing-masing Peserta. Hasilnya akan ditampilkan melalui web yang link-nya akan diumumkan kemudian. Selain itu akan disediakan penanda check point untuk mendukung pencatatan waktu Peserta.
Bib dan timing-chip system sudah lazim digunakan dalam kegiatan lomba lari. Kendati demikian, terkadang bib tidak terbaca oleh timing-chip system yang sudah terpasang. Dalam hal Peserta tidak dapat menemukan hasil Lomba-nya, Peserta dapat menghubungi Pengelola sesudah Lomba dengan menyertakan bukti pendukung untuk mempermudah verifikasi.

2. Berapa jumlah water station yang ada di rute perlombaan?

  1. 60K Team Duo : 12 water station
  2. 21K : 9 water station
  3. 10K : 4 water station
  4. 5K : 1 water station

3. Apakah panitia menyediakan fasilitas penitipan barang?

Panitia menyediakan fasilitas penitipan barang (baggage drop) bagi Peserta Lomba. Fasilitas ini dibuka dua jam sebelum flag off. Peserta dilarang menitipkan barang berharga karena Panitia tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan barang tersebut.
Peserta wajib mengambil barang yang dititipkan paling lambat pada pukul 10:30 WIB.

4. Apakah disediakan refreshment?

Ya, disediakan fasilitas refreshement sesudah finish line. Peserta bisa mendapatkan air mineral, isotonik, pisang dan medali Penamat (finisher) (bagi peserta yang masuk finish sesuai Cut Of Time (COT)).

5. Apakah setiap peserta akan mendapatkan medali finisher?

Setiap peserta yang mampu menyelesaikan lomba dalam batas COT dan tidak terdiskualifikasi, akan mendapatkan medali finisher.

6. Apakah setiap peserta akan mendapatkan kaos finisher?

Peserta dengan kategori 21 K dan 60K Team Duo, dan telah menyelesaikan lomba dalam batas COT dan tidak terdiskualifikasi, akan mendapatkan finisher tee.

7. Apakah disiapkan race result bagi peserta?

Ya, peserta akan mendapatkan info link untuk race result kegiatan lomba. Info alamat link tersebut akan diumumkan kemudian.

C. FASILITAS PELARI

1. Kapan peserta dapat melakukan pendaftaran lomba?

Periode pendaftaran adalah tanggal 4 November. Pengelola berhak menutup masa pendaftaran sesudah jangka waktu tertentu atau setiap saat jika kuota jumlah peserta telah dipenuhi

2. Di mana saya bisa melakukan pendaftaran?

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui link www.superball.race.id

3. Berapa biaya untuk mengikuti Superball Run?

Biaya pendaftaran dengan harga normal adalah sebesar;

  1. 5K : Rp. 200,000 perorang
  2. 10K : Rp. 300,000 perorang
  3. 21K : Rp. 450,000 perorang
  4. 60K Team Duo : Rp. 1,000,000 perteam

Promo biaya pendaftaran lainnya bisa dilihat dalam www.superball.race.id dan social media Superball.

4. Apakah ada diskon khusus bagi komunitas atau pendaftaran secara berkelompok?

Tersedia diskon komunitas atau pendaftaran berkelompok untuk 5 orang peserta, yang dapat dilakukan secara online. Besaran diskon dapat dilihat langsung pada website www.superball.race.id atau melalui email blast dan dipasang dalam social media Superball Run.

5. Apakah peserta bisa mengubah kategori lomba lari?

Peserta yang sudah terdaftar tidak dapat mengubah kategori lomba lari.

6. Apakah ada pengembalian uang jika peserta tidak jadi mengikuti perlombaan?

Tidak ada pengembalian uang bagi peserta yang tidak jadi mengikuti perlombaan, baik membatalkan pada masa dibukanya pendaftaran atau pun pada saat race pack collection dan pada Hari-H dengan alasan apapun.

7. Apakah nomor dada kepesertaan atau bib number Peserta bisa dipindahtangankan?

Nomor dada kepesertaan atau bib number Peserta tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Panitia tidak bertanggung jawab atas nomor dada kepesertaan atau bib number Peserta yang digunakan tidak sesuai dengan data yang dimiliki Panitia. Hadiah hanya berlaku bagi pemilik sah nomor dada kepesertaan atau bib number Peserta yang dibuktikan dengan tanda pengenal diri resmi.

8. Bagaimana saya tahu bahwa pendaftaran saya telah berhasil?

Peserta akan mendapat email konfirmasi dari Superball Run ke alamat email peserta yang terdaftar pada saat pendaftaran dan dapat melihat namanya di daftar peserta yang tertera pada website www.superball.race.id maksimal dalam waktu 1X24 jam sejak peserta melakukan pendaftaran.

9. Apa yang sebenarnya terjadi apabila saya belum mendapatkan email konfirmasi pendaftaran

Jika dalam 1X24 jam setelah melakukan pendaftaran, peserta belum mendapat email konfirmasi pendaftaran pada alamat email peserta yang terdaftar pada saat pendaftaran, maka terlebih dulu peserta melakukan pemeriksaan pada fitur junkmail atau spam pada alamat email masing-masing peserta, jika email konfirmasi tetap tidak diterima, maka silakan melakukan konfirmasi melalui email: info@superball.race.id Serta dapat juga melakukan pemeriksaan kembali pada data pendaftaran untuk memeriksa apabila ternyata melakukan kesalahan penulisan alamat email.
Peserta agar menuliskan alamat email dengan benar dan akurat untuk menghindari masalah dalam hal ini.

10. Bagaimana jika saya belum melakukan pembayaran?

Pembayaran dapat dilakukan maksimal 2X24 jam setelah dilakukan pendaftaran. Apabila tidak melakukan pembayaran sesuai ketentuan tersebut maka nama peserta akan terhapus dari daftar peserta yang tertera pada sistem, dan calon peserta harus melakukan pendaftaran ulang apabila tetap akan mengikuti lomba ini.

11. Bagaimana jika saya belum memiliki KTP?

Bagi peserta di bawah usia 17 tahun, dapat menggunakan kartu pelajar dan atau melampirkan KTP orang tua.

D. RACEPACK COLLECTION/RPC

1. Kapan pengambilan racepack dapat dilakukan?

TBC

2. Di mana lokasi pengambilan racepack ?

TBC

3. Apakah pengambilan racepack dapat diwakilkan?

Pengambilan racepack dapat diwakilkan dengan menunjukkan surat kuasa asli bermaterai dari peserta yang terdaftar, serta fotocopy konfirmasi pendaftaran dan fotocopy kartu identitas yang dapat ditunjukkan kepada petugas RPC.

4. Apakah bisa pengambilan racepack dilakukan saat Hari-H?

Tidak ada pengambilan racepack saat hari pelaksanaan lomba atau Hari-H.

E. APRESIASI DAN HADIAH

1. Apakah saya akan mendapatkan medali ?

Semua peserta yang dapat menyelesaikan lomba lari dalam waktu yang ditentukan dan menyelesaikan lomba di bawah COT, akan mendapatkan medali finisher dan bagi para juara dan pemenang akan mendapat tambahan winner medal.

2. Berapa jumlah peserta yang diambil menjadi juara dan pemenang podium?

Pemenang akan diambil pada setiap kategori 5K, 10K, dan 21K untuk Putra dan Putri, dari juara pertama hingga juara ketiga. Pada kategori 60K Team Duo untuk duo Putra, duo Putri, dan mix Putra-Putri dari juara pertama hingga juara ketiga.

3. Apakah disediakan hadiah untuk pemenang podium?

Ya, terdapat hadiah untuk para pemenang podium.

F. MEDIK LAPANGAN

1. Apakah tersedia fasilitas medis di lapangan pada saat lomba?

Untuk memastikan kebutuhan medik peserta di lapangan tersedia dengan baik, Pengelolaanitia menyiapkan dokter lapangan dan petugas medis pendukung lainnya di race central dan di sejumlah titik sepanjang lintasan.

2. Apakah yang harus disiapkan peserta terkait kondisi kesehatan diri dalam mengikuti lomba ini?

Peserta harus menyadari bahwa kegiatan ini memiliki risiko, maka peserta diharapkan telah mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental, dan hanya melakukan start dalam kondisi fisik dan mental prima.
Apabila Pengelola menjumpai peserta dalam kondisi fisik tidak prima dan tidak layak megikuti lomba, maka Pengelola akan menghentikan peserta mengikuti lomba dan mencabut nomor dada peserta dan tidak bertanggung jawab apabila Peserta tetap memaksakan diri melakukan start dan atau meneruskan Lomba.

G. ASURANSI

1. Apakah pelari dilindungi asuransi?

Ya, seluruh pelari akan mendapat perlindungan asuransi. Detail asuransi akan diinfokan lebih lanjut di www.superball.race.id Peserta juga diwajibkan memahami, membaca dan menyetujui waiver letter yang berisi Pelepasan dan Pembebasan Tanggung Jawab panitia dalam kondisi tertentu.

H. LOKASI PARKIR

1. Bagi peserta yang membawa kendaraan, di manakah dapat memarkirkan kendaraannya?

Peserta dapat memarkir kendaraannya di sekitar lokasi perlombaan dengan denah persis yang akan diumumkan kemudian melalui website Superball Run serta akan tertera dalam race guide yang akan dibagikan pada saat RPC. Demi kenyamanan semua peserta, agar peserta memperhatikan dengan seksama denah dimaksud.

I. PENGINAPAN

1. Apakah terdapat kerja sama dengan penginapan sekitar untuk peserta?

Tidak disediakan secara khusus, namun terdapat banyak penginapan yang dapat diakses dengan mudah di sekitar lokasi lomba.

J. FASILITAS DI RACE VILLAGE

1. Apakah disediakan mushola di race village atau di sepanjang rute?

Mushola disediakan di race village yang dapat diakses peserta untuk melaksanakan ibadah shalat subuh.

K. MANDATORI

1. Apakah saya harus mengenakan jersey lomba Superball Run The 6th Edition saat berlomba?

Ya, diharapkan peserta mengenakan jersey lomba Superball Run The 6th Edition saat berlomba.

2. Apakah disediakan toilet di rute perlombaan?

Toilet portable akan disediakan di race village

L. SWEEPER

1. Apakah akan ada sweeper bagi pelari?

Akan disiapkan sweeper yang akan berlari 10 menit sesudah flag off. Sweeper ini akan bertindak sebagai tim sweeping untuk memastikan tidak ada pelari yang tertinggal di lintasan lari pada saat COT sudah berakhir.

M. KETERTIBAN & KEBERSIHAN

1. Apakah hal yang harus dipatuhi peserta selama berlomba dan berada di area lomba?

Setiap peserta diwajibkan menghormati dan menghargai peserta lainnya, tidak memancing dan atau menimbulkan hal yang tidak nyaman dan memancing kerusuhan.
Peserta dilarang mengenakan alat bantu dalam berlari, seperti sepeda, in-line skate, kereta dorong, sepatu dengan rol built-in atau alat bantu beroda lainnya yang dapat mempercepat langkah pelari. Peserta juga dilarang membawa bayi dan atau kereta bayi selama berlomba.
Peserta agar menjaga fasilitas umum dan tidak melakukan perusakan fasilitas umum sepanjang berada di lokasi lomba dan lintasan.
Dalam mengambil refreshment, menggunakan fasilitas wudhu dan mushola serta toilet portable agar peserta melakukan sistem antre satu line/tempat.

2. Tindakan apakah yang akan diambil apabila peserta melanggar ketertiban?

Setiap perbuatan yang menjurus pada upaya melanggar ketertiban akan diatasi oleh tim keamanan dan setiap perbuatan kriminal akan disalurkan penyelesaiannya secara hukum.

3. Apakah kewajiban peserta terkait kebersihan dan ketertiban selama Superball Run The 6th Edition berlangsung?

Peserta wajib menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan baik pada race central maupun di lintasan lari. Silakan memanfaatkan tempat sampah yang sudah disediakan. Atau menyerahkan sampah kepada petugas kami yang secara aktif akan berkeliling memungut sampah.
Peserta tidak diperkenankan merokok pada area lomba baik di race central maupun di lintasan lari.
Peserta diharapkan berlaku sopan untuk menjaga kenyamanan sesama pelari dan pihak lain yang terkait selama berlangsungnya lomba.